LAPORAN KEGIATAN KULIAH PENGABDIAN MASYARAKAT (KPM) UNIVERSITAS SAINS AL Al-QUR'AN (UNSIQ) JAWA TENGAH DI WONOSOBO KELOMPOK DUSUN WANALAGI DESA KAJEKSAN KECAMATAN SUKOHARJO KABUPATEN WONOSOBO


 


HALAMAN PENGESAHAN
LAPORAN KPM

Laporan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) Mahasiswa Universitas Sains Al-Qur'an Jawa Tengah Di Wonosobo Di Dusun Wanalagi Desa Kajeksan Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Wonosobo provinsi Jawa Tengah yang dilaksanakan pada tanggal 17 Februari sampai dengan 28 Maret 2009 ini diajukan dan disahkan pada :

Hari ;
\Tanggal:

Wonosobo,

Mengetahui

Dosen Pembimbing Lapangan





NURUL MUBIN
Kepala Desa Kajeksan





NIJAN









KATA PENGANTAR
Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh
Alhamdulillahirobbil'alamin, segala puji bagi Allah yang menciptakan seluruh alam beserta isinya. Karena hanya karena ridho dan kehendakNyalah kami dapat menyelesaikan penyusunan laporan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) yang berlokasi di Dusun Wanalagi, Desa Kajeksan, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Wonosobo. Laporan ini disusun guna memenuhi tanggung jawab kami dalam melaksanakan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) yang telah dilaksanankan pada hari Selasa tanggal 17 Februari 2009 sampaidengan hari Sabtu tanggal 28 Maret 2009.
Pelaksanaan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) tahun 2009 ini tidak akan terlaksana dengan baik dan lancar tanpa adanya dukungan dari berbagai pihak. Oleh karena itu dalam penyusunan laporan Kuliah Pengabdian Masyarakat ini kami ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada :
1.      Bupati Wonosobo,Bapak Kholiq Arif beserta jajarannya
2.      Camat Sukoharjo
3.      Kepala Desa Kajeksan, Bapak Nijan beserta perangkatnya
4.      Kaur Desa Kajeksan, Bapak Kartono beserta keluarga yang telah menyediakan tempat sebagai posko kami
5.      Masyarakat desa Kajeksan pada umumnya dan masyarakat dusun wanalagi pada khususnya
6.      Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) desa Kajeksan,Bapak Nurul Mubin
7.      BP-KPM UNSIQ Wonosobo
8.      Rektor UNSIQ Wonosobo
Bantuan moril dan materiil dari pihak-pihak di atas memiliki pengaruh yang begitu besar bagi kami dalam pelaksanakan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) ini. Kami yakin, kami hanya manusia yang masih miskin ilmu dan pengalaman, sehingga kami merasakan perlu adanya pengalaman nyata dalam masyarakat secara lebih dekat dan lebih terinci.
Masyarakat dusun Wanalagi, desa kajeksan yang merupakan dusun yang terpilih untuk melaksanakan kegiatan KPM ini sangat memberi semangat positif bagi kami karena penyambutan dan dukungan mereka yang cukup tinggi. Sehingga kami begitu bersyukur dan berterima kasih sebesar-besarnya.
Selain bantuan dari berbagai pihak di atas, sebagai umat Islam yang beriman, kami percaya bahwa semua kegiatan yang berhasil kami laksanakan tidak mungkin bisa terlaksana tanpa adanya kehendak dari Allah SWT. Untuk itu, hanya kepadaNya lah kami ucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya.
Kami menyadari bahwa dalam penyusunan laporan KPM ini, terdapat banyak kesalahan baik dalam hal isi maupun format laporan. Untuk itu, betapa gembiranya kami, apabila pembaca sudi meluangkan waktu untuk member kritik dan saran yang bersifat membangun dan bersifat objektif. Agar laporan ini bisa bermanfaat dan bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.
Wasssalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh
Wonosobo,28 Maret 2009-03-25

Penyusun













I.       PENDAHULUAN

KPM yang merupakan singkatan dari Kuliah pengabdian masyarakat merupakan agenda tahunan dari Universitas Sains Al-Qur'an (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo. Dimana pada tiap tahunnya, kegiatan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) ini memiliki tema yang berbeda-beda.










Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENYUSUNAN TES

MAKALAH KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMP PENGEMBANGAN KURIKULM PAI SMP

PROPOSAL LKD