LAPORAN STUDY BANDING PT. MADU KISMO YOGYAKARTA


KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Puji syikur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, atas limpahan rahmad dan karunianya sehingga laporan STUTA ke Yogyakarta dapat kami susun. Kami menyusun laporan ini sebagai tugas laporan kunjungan STSTUTA di DU/DI di Bantul, Yogyakarta yaitu “PT. MADU KISMO”
Dalam kunjungan ke DU/DI ini kami banyak memperoleh informasi tantang semua proses produksi cara pembuatan gula dan spirtus di PT MADU KISMO tersebut.
Laporan ini kami buat sedemikian rupa agar dapat dimengeri oleh para pembaca khususnya untuk semua siswa kelas I, II, III dan buat guru yang ingin menambah wawasan tetang  pembuatan gula dan spirtus yang tentunya sudah kami cantumkan dalam penyusunan laporan ini.
Akhirnya kami mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu kelancaran dalam penyusunan laporan stuts ini dan terimakasih pula kepada para guru yang telah memonitori kami dalam menggarap laporan ini.
Dan moho maaf bila dalam penulisan terdapat hal-hal yang kurang berkenan.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Wonosobo, 9 Maret 2009








SMK MUHAMMADIYAH WONOSOBO
Jl. K.H. Ahmad Dahlan No. 06 Tosarirejo Wonosobo

PENGESAHAN
Laporan ini disayahkan untuk memenuhi salah satu persyaratan kegiatan KUNJUNGAN INDUSTRI Tahun Pelajaran 2008/2009 I WONOSOBO yang dilaksanakan pada tanggal 2 Maret 2009 di PT. MADU KISMO, Bnatul Yogyakarta
Wonosobo, 9 Maret 2009


Kelompok :
1.        Destya Oviyani
2.        Ika Nurjanah

Mengetahui
                          Gugu Pembina                                Kaprog Akuntansi


                (………………………….)              (……………………………)

Mengetahui
Kepala SMK Muhammadiyah I Wonosobo


Drs. IMRON ROSYADI
NBM. 596177

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Laporan kunjungan industri di DU/DI Yogyakarta yaitu tepatnya di PT. MADU KISMO ini kami buata untuk kelancaran dalam proses belajar mengajar sebagai bahan penilaian tugas akhir semester I.
Laporan ini kami buat berdasarkan pengamatan kami sendiri pada saat berkunjung di PT. MADU KISMO. Dalam pengamatan tersebut kami bisa melihat cara memproduksi gula pasir dan spirtus juga alat-alat dan mesin yang digunakan.
Diharapkan dari hasil laporan ini para pembaca dapat mengambil manfaat. Dan dapat digunakan untuk belajar terjun dimasyarakat dan di dunia kerja.

B.    Tujuan
Tujuan dibuatnya laporan ini adalah sebagai berikut :
1)      Sebagai laporan tugas akhir semester I
2)      Sebagai laporan kunjungan STUTA di DU/DI di Yogyakarta yaitu PT> MADU KISMO
3)      Membekali para siswa akan gambaran pengalaman langsung proses produksi suatu industri
4)      Meningkatkan profesionalisme para siswa di bidang pengetahuan/ilmu yang diperoleh dibangku sekolah dan ilmu yang terapkan diluar DU/DI di dunia kerja
5)      Siswa dapar membandingkan antara teori dan praktek lapangan

C.    Manfaat
Laporan kunjungan industri bermanfaat untuk :
1.       Meningkatkan wawasa kepada para pembaca tentang kunjungan DU/DI
2.       Dapat memberikan gambaran kepada para pembaca tentang cara membuat/cara memproduksi suatu barang
D.    Lokasi
Kunjungan industri siswa SMK Muhammdiyah 1 Wonosobo tahun pelajaran 2008/2009 di :
1.       PT. MADU KISMO Bantul, Yogyakarta
2.       Perusahaan makanan kecil/pusat oleh-oleh “DJAWA” Di Yogyakarta
E.    Pelaksanaan
1.       Waktu
Kegiatan kunjungan industri di laksanakan pada tanggal 2 Maret 2009























BAB II
GAMBARAN UMUM

A.    Sejarah Perkembagan
PG-PS adalah satu diantara 17 pabrik yang didirikan oleh Belanda dan berdiri sampai saat ini karena yang lainnya telah dibumi hanguskan oleh Jepang. Pabrik ini satu-satunya yang memproduksi gula dan alkhohol/spirtus. Pabrik ini dibangun pada tahun 1955 oleh Sri Sultan Hamangku Buwono IX. Setelah kurang lebih 3 tahun berdiri baru dilaksanakan peresmian oleh Presiden RI Ir. Soekarno pada tanggal 29 Mei 1958.
Dulunya pabrik ini hanya memproduksi gula, tapi mulai tahun 1959 hingga saat ini mengelola gula dan alkhohol/spirtus. Tanggal 14 juni 1955 memiliki nama P2G MADU BARU PT. saat itu yang memegang saham terbanyak dimilki Sri Sultan Hamangku Buwono IX yaitu 75%, sedangkan 25%nya milik pemerintah RI. Saat ini sudah dirubah kepemilikan saham menjadi 65% milk Sri Sultan Hamagku Buwono X, 35 % milik pemerintah (dikuasakan pada PT. RAJAWALI NUSANTARA INDONESIA, sebuah BUMN).
Maksud dan tujuan didirikannya pabrik yaitu agar masyarakat Indonesia bisa menikmati hasil pertanian dalam negri tidak hanya produk-produk dari luar. Sehingga pabrik tetap dipertahankan meskipun dulu pernah ada pilihan yang mengakibatkan perusahaan dibawah pimpinan PT. RAJAWALI NUSANTARA .
·         VISI
PT. MADU BARU menjadi perusahaan agro industri yang unggul di Indonesia dengan petani sebagai mitra sejati.
·         MISI
1.       Menghasilkan gula dan ethanol yang berkualiatas untuk memenuhi permintaan masyarakat industri di Indonesia
2.       Menghasilkan produk dengan memanfaatkan teknologi maju yang ramah lingkungan, dikelola secara profesional dan inovatif, memberikan pelayanan yang prima kepada pelanggan serta mengutamakan kemitraan degnan petani.
3.       Mengembangkan produk/bisnis baru yang mendukung bisnis inti.
4.       Menempatkan karyawan dan stake holders lainya sebagai bagian terpenting dalamproses penciptaan keunggulan perusahaan dan pendapaian share holder values.
·         Kemajuan-Kemajuan Yang Dicapai
PG MADU KISMO
-          Desain awal 1.500 ton tebu perhari (tt)
-          Tahun 1976 ditingkatkan lagi menjadi 2500 tth
-          Tahun 1992 ditingkatkan lagi menjadi 3000 tth
-          Tahun 2000 – sekarang berhasil mencapai hingga 3500 tth
PS MADU KISMO
-          Tahun 1976 awal 15.000 liter alcohol per hari
-          Tahun 2002 ditingkatkan menjadi 25000 liter per hari
Susunan pegurus saat ini sebagai berikut :
1.       Komisaris Utama
-          GKR Pembayun
2.       Komisaris
-          Drs. H. Sumargono Kusumohadiningrat
-          Ir. H. Bambang Sumardiko
3.       Direktur
-          Ir. Rachmad Edi Cahyono, M.SI
4.       General Manager







  • Struktur Organisasi PT MADU BARU

 





























  • Struktur Organisasi Penyelenggara



 














B.    Produksi
v  Proses Prosuksi  
Pabrik memilih bibir yang unggul sehingga gula yang dihsilkan bagus. Pada saat pemnenan tebu dipilih yang segar dan manis jika ada yang terbakar dikembalikan kepada pemiliknya. Setelah sampai ke losmen dimasukkan ke trolly baru dibawa masuk kedalam pabrik, kemudian dimasukkan ketempat pencacahan tebu hingga jadi sabut. Seeleh itu diperas sampai 5 kali pemerasan akhir pemerasan usahakan kadar gurlanya sedah rendah. Ampasnya tidak dibuang melainkan digunakan untuk pembangkit listrikdan ada yang digunakan untuk pupuk organic. Lalu nira diuapkan hingga menjadi kental kemudian baru proses pengkristalan. Tapi saat iyu kristal masih dilapisi degnan maghma atau bercampur dengan mulasis. Setelah proses itu selesai baru dibungkus didalam karung 50 kg dan 1 kg. mulasis yang sudah tidak bis diproses lagi jadi gula kemudian dikirim kepabrik alcohol. Bahan baku alcohol adalah mulasis. Alkohol digunakan untuk campuran bahan kosmetik dan alat-alat medis. Sedangkan spirtus digunakan untuk bahan bakar kompor. Cara pemasaranya menggunakan tangki dan drum-drum yang disegel. Bahan yang sudah tidak digunakan lagi (limbah) diolah dahulu sebelum dibuang kealiran sungai sehingga limbah tidak menyebabkan ikan mati.
Dalam pembuatan gula memiliki 3 tahap yaitu:
o   Masakan
o   Peragian
o   Penyuingan
Penjelasan Proses
-          Masakan
Tetes diencerkan degnan air sampai kadar tertentu dan ditambah nutrisi untuk pertumbuhan ragi. Sebagai sumber nitrogen dipakai pupuk urea dan sebagai sumber phospor dipakai pupuk NPK, pH diatur sekitar 4,8 degnan H2SO4 agar terjadi kontaminasi dari bakteri lain.
-          Peragian
Dilaksanakan bertahap mulai isi3.101, 18.000 liter dan 75.000 liter, waktu peragian utama berkisar 40-50 jam dan kadar alcohol yang dicapai antara 9-10%.
-          Penyulingan
Adonan yang telah selesai diragikan, dipisahkan alcoholnya (disuling) dalampesawat penyulingan yang terdiri dari 4 kolom:
§  Kolom Maische
§  Kolom Reetifiser
§  Kolom Voorloop
§  Kolom Nochloop

v  Permodalan
Selain modal sendiri pabrik juga mendapat kredit dari Bank Pemerintah untuk oprasional dan investasi.

v  Sumber Dan Bentuk Bahan Baku
Perusahaan hanya menggunakan bahan baku tebu yang unggul dan dipilih degnan teliti agar hasilnya maksimal. Apa bila ada tebu yang rusak (misal terbakar kami tolak dan dikembalikan kepada pemiliknya). Dan kebun tebu itu dikelola sendiri  oleh petani sekitar.
v  Produk  Yang Dihasilkan
Produksi utama yang dihasilkan oleh PG MADU KISMO adalah gulapasir dengan kualitas SHS IA (Superior Head Sugar) /GKP (Gula Kristal Putih). Mutu produksi dipantau oleh P3GI Perusahaan ( Pusat Perkebunan Tebu Indonesia).
Disamping produksi gula, PG MADU KISMO juga memproduksi alcohol murni/spirtus, usaha ini dimulai tahun 1959.
-          Waktu yang diperlukan pabrik dalam masa produksi sekitas 5-6 bulan pertahun (24 jam perhari) terus menerus, antara bulan Mei-Oktober. Selain bulan tersebut digunakan untuk memelihara mesin pabrik (sevis, revisi, perbaikan, penggantian, dll).

v  Wilayah Pemasaran
Distribusi Gula, Alcohol dan Spirtus
-          Gula
Untuk tahun 1998 sampai dengan sekarang PG MADU KISMO dijual bebas, gula milik MADU KISMO dijual sendiri oleh PG MADU KISMO. dalam hal pemasaran pabrik juga mempunyai penyalur gula dan sestem lelang. 25% gula pabrik dikemas dalam pabrik, dikemas menjadi 1 kg, sedangkan yang lainya dikemas dalam plastic berlogo dan harganya mempunyai selisih yang itnggi.
-          Alcohol dan Spirtus
Alcohol dan spirtus pemasaranya diatur sendiri oleh perusahaan melalui distributor. Ada yang berasal dari Jakata, Tegal, Semarang, Solo, Surabaya, Yogyakarta.

v  Alat Dan Mesin Yang Digunakan
Alat dan mesin yang digunakan utuk membuat gula dan alcohol/spirtus sekarang menggunakan alat-alat yang modern tapi alat-alatyang dulu masih disimpan. Tebu yang sudah ditebang diangkut menggunakan truk tapi hanya 0% saja yang 20%nya diangkut menggunakan trolly.

C.    Ketenaga Kerjaan
Karyawan yang dipekerjakan menurut pengupahannya :
a.       Karyawan Tetap
-          Karyawan pimpinan
-          Karyawan pelaksana
b.      Karyaan Tidak Tetap
-          Karyawan kerja waktu tertentu KKWT (hanya bekerja pada masa produksi)
-          Karyawan borong (hanya bekerja bila ada pekerjaan borong)
Karyawan pimpnan dan karyawan pelaksana.
Sistim pengupahanya diatur sendiri dalam UU No. 13 tahun 2003 (sesuai jabatan)

D.    Distribusi
Barang-barang yang telah jadi akan dipasarkan kepada para pembeli. Biasanya para pembeli datang kepabrik untuk menawar barang dan apabila harga cocok barang akan dibawa oleh pembeli, tapi apa bila pembeli akan menitipkan barang digudang PG MADU KISMO juga diperbolehkan oleh pimpinan. Selain itu sasaran penjualan juga ditujukan ke Mall, Swalayan dan toko.

E.    Marketing
Cara penjualan melalui sistim lelang  dan apa bila ada penawar yang berani dengan harga tinggi maka barang diberikan, dan juga langsung datang kepabrik. PG-PS MADU KISMO.

BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Kunjungan industri merupakan salah satu program wajib yang harus silaksanakan oleh semua siswa kelas 2, selain ditujukan untuk berwisat juga digunakan untukbelajar mengenai lingkunan pekerjaan disekitar kita. Karena kegiatan KUNJUNGAN INDUSTRI bertujuan membekali siswa akan gambaran pengalama langsung pross produksi suatu industri. Meningkatkan profesionalisme siswa dibidang pengetahuan/ilmu yang diperoleh dibangku sekolah dan ilmu yang diterapkan diluar DU/DI didunia kerja, dan siswa dapat membandingkan antara teori dan praktek lapangan.

B.     Saran
1.       Untuk Sekolah
-          Lebih kreatif dalam mencari perusahaan untuk kunjungan industri agar siswa dapat lebih banyak mengambil manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari dan dunia kerja.
2.       Untuk Perusahaan
-          Lebih fleksibel/terbuka dalam memberikan penjelasan mengenai kegiatan perusahaannya
-          Lebih komunikatif dan bisa berinteraktif kepada para peserta STUTA sehingga dapat terjadi hubungan timbal balikantara DU/DI dengan peserta STUTA.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENYUSUNAN TES

MAKALAH KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMP PENGEMBANGAN KURIKULM PAI SMP

PROPOSAL LKD